EDM, RKM, RKTM Tingkat MI, MTs Dan MA

EDM, RKM, RKTM Tingkat MI, MTs Dan MA

EDM, RKM, RKTM Tingkat MI, MTs Dan MA - Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan mekanisme evaluasi internal yang dilakukan oleh kepala Madrasah bersama pendidik atau guru, komite Madrasah, orang tua, dengan bantuan pengawas. Hasil EDM dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan Madrasah lebih lanjut. EDM dilaksanakan oleh setiap Madrasah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan mutu Madrasah secara berkelanjutan.

Laporan EDM disusun untuk menindaklanjuti hasil temuan yang didapatkan melalui instrumen Evaluasi Diri Madrasah dengan merujuk pada delapan SNP, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.

Rencana kerja Madrasah (RKM) dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan oleh Kepala Madrasah dalam mengambil  kebijakan dan sebagai pedoman dalam pengelolaan madrasah. Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah sebenarnya merupakan jawaban dari semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah sekaligus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan di Madrasah.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat tersebut, madrasah diharapkan memiliki alternatif kebijakan / langkah yang dapat diterima oleh masyarakat. Segala potensi yang ada di Madrasah dioptimalkan agar menjadi madrasah yang berprestasi, berdisiplin, berbudaya, dilandasi iman dan taqwa.

Secara umum tujuan Penyusunan Rencana kerja Madrasah (RKM) antara lain :
  1. Mengetahui semua potensi Madrasah yang ada untuk dapat diolah dan dikembangkan
  2. Sebagai pedoman operasional dalam mengelola Madrasah selama satu tahun pelajaran dan tahun – tahun berikutnya.
  3. Sebagai tolok ukur keberhasilan / ketidak berhasilan dalam mengelola Madrasah selama satu tahun pelajaran.
  4. Mengetahui permasalahan – permasalahan yang timbul di Madrasah  yang kemudian menjadi hambatan, peluang atau ancaman pengembangan Madrasah.
Secara khusus agar para pelaksana pendidikan dapat :
  1. Melaksanakan tugas secara tertib, berdaya guna dan terarah.
  2. Melaksanakan administrasi pendidikan secara rapi dan teratur.
  3. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kalender pendidikan dan kelender kegiatan Madrasah  dengan hasil yang lebih optimal.
Setelah disusunnya Rencan Kerja Madrasah untuk empat tahun ke depan yaitu tahun pelajaran 2020/2021 sampai dengan 2024/2025, maka perlu di rinci lagi kegiatan apa saja dalam setiap tahunnya dan berapa dana yang dibutuhkan. Dengan demikian, madrasah dapat mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut sekaligus memastikan sumber pendanaanya.

Karakteristik Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) adalah bahwa RKTM ini disusun secara partisipatif yaitu melibatkan semua unsur yang terkait dalam pendidikan anak di madrasah. Transparan artinya  RKTM  disusun secara terbuka dengan menerima masukan dari orang tua murid dan masyarakat, serta dipertanggungjawabkan secara langsung kepada mereka.

Multi Sumber artinya RKTM disusun bukan hanya berdasarkan satu sumber dana, melainkan berbagai sumber dana yang mungkin dapat digali dan diperoleh madrasah. Komprehenship artinya  RKTM yang disusun memuat seluruh kegiatan yang akan dilaksakan oleh madrasah baik bersifat akademik maupun non akademik, sekaligus pendanaannya.

Tujuan penyusunan Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) adalah :
  1. Membantu Madrasah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
  2. Membantu Madrasah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan 
  3. Membantu Madrasah dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas
Untuk mendapatkan file EDM, RKM, RKTM Tingkat MI, MTs Dan MA, silahkan pilih link dibawah ini sesuai dengan tingkatan.
  • Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Tingkat MI, MTs Dan MA klik DISINI
  • Rencana Kerja Madrasah (RKM) Tingkat MI, MTs Dan MA klik DISINI
  • Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) Tingkat MI, MTs Dan MA klik DISINI