Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Tapel 2020/2021

Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Tapel 2020/2021
Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Tapel 2020/2021

Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Tapel 2020/2021 - Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021 jenjang SMP/MTs/SMPTK, ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2020/2021. Aplikasi ini dapat diakses secara daring. Dengan menuliskan alamatnya di http://biosmp.kemdikbud.go.id

Tujuan dibangunnya Sistem ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi database dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam Isi Data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan dalam database dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error). Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan ter-update.

1. Spesifikasi Komputer

  • Perangkat Keras
  • Perangkat Lunak

2. Spesifikasi Aplikasi

  • Browser Internet
  • Microsoft Excel

3. Situs Web Entry Data

4. Aouto Log Out

5. Download File

Penggunaan Modul

Sistem Pendataan Calon Peserta AKM online ini telah dilengkapi dengan prosedur keamanan data sehingga hanya user yang memiliki otorisasi saja yang bisa mengakses atau melakukan poses pengentryan data pendataansiswa. Dalam hal ini yang dimaksud dengan user adalah operator masing-masing Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah. Setiap user akan memiliki username dan password yang bersifat unik yang digunakan untuk login ke dalam sistem pada saat akan melakukan proses pengentryan data. Identitas masing-masing user telah terekam di dalam Database server online sehingga pada saat user login akan otomatis teridentifikasi nama operator yang melakukan login ke dalam sistem.

Melalui sistem ini setiap operator Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah diberikan hak untuk menentukan/mengganti password sendiri nantinya digunakan untuk login ke dalam sistem pada saat mengentry data siswa.

Mohon diperhatikan bahwa ketika Anda telah login kedalam sistem dan berada pada modul utama, jangan sampai Anda menekan tombol Back dan Refresh yang terdapat pada menu browser Internet Explorer. Hal ini akan menyebabkan Anda terlempar keluar dari sistem, sehingga menyebabkan perubahan data yang telah Anda lakukan tidakakan masuk ke dalam Database. Untuk kembali ke dalam sistem Anda harus melakukan prosedur login di dalam form login

Untuk lebih lengkap, silahkan unduh Panduan Aplikasi Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Tapel 2020/2021 DISINI