-->

Iklan

Panduan Pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah (Madrasah Robotics Competition) MRC Tahun 2022

mtsdarussalam.eu.org
Panduan Pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah (Madrasah Robotics Competition) MRC Tahun 2022

Panduan Pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah (Madrasah Robotics Competition) MRC Tahun 2022 - Kegiatan ini bernama Kompetisi Robotik Madrasah (Madrasah Robotics Competition). Kompetisi Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat Madrasah se-Indonesia. Mulai dari menemukan ide, merakit, atau merancang, mengoperasikan, hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi dan bahkan sampai pada cara mempresentasikan atau menyakinkan kepada orang lain bahwa robot yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia dan alam semesta.

Kompetisi Robotik Madrasah 2022 ini memadukan beragam kemampuan di bidang sains, teknologi, engineering, seni, dan matematika. Kemampuan-kemampuan tersebut harus diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam menghasilkan teknologi baru dan memecahkan persoalan manusia di muka bumi.

Pendidikan madrasah bertujuan membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, berprestasi dan menjadi warga negara yang demokratis, berkarakter pancasila dan bertanggungjawab. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai program yang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan, salah satunya adalah Kompetisi Robotik Madrasah.

Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition (MRC) merupakan ajang kompetisi robot tingkat madrasah. Program ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Cilandak Town Square Jakarta Selatan. Tahun kedua (2016) diselenggarakan di Mall of Indonesia, Jakarta Utara. Tahun ketiga (2017), MRC digelar ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Tangerang, Banten berbarengan dengan Expo Pendis Kementerian Agama RI. Tahun keempat (2018), MRC digelar di Depok Town Square, Depok Jawa Barat. Tahun kelima (2019) MRC diselenggarakan di Grand City Mall Surabaya. Tahun keenam (2020), ketika Pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, MRC digelar Universitas Islam Asy-Syafi’iyyah Jakarta. Tahun ketujuh (2021), ketika Pandemi Covid-19 berada di level 3, pelaksanaan MRC dilakukan secara hybrid (online dan offline). Untuk yang offline diselenggarakan di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Tangerang, Banten. Sedangkan MRC tahun kedelapan (2022) ini, diselenggarakan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada pelaksanaan tahun kedelapan ini, meskipun dalam kondisi bangkit dari pandemi Covid-19, kompetisi ini diharapkan bisa meningkatan kualitas dan output yang dihasilkan. Kompetisi Robotik Madrasah merupakan salah satu program unggulan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama yang diselenggarakan setiap tahun.

Kompetisi Robotik Madrasah diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi. Sekaligus merangsang siswa- siswi madrasah untuk mempersiapkan diri menghadapi era industri 4.0, yakni siswa-siswi madrasah yang mandiri dan berprestasi. Tercapainya kondisi tersebut di lingkungan pendidikan madrasah memacu siswa dalam meraih prestasi belajar, kreatif, inovatif dan menghasilkan penemuan teknologi baru yang membanggakan.

Harapan kami di masa mendatang, Kompetisi Robotik Madrasah dapat diselenggarakan juga pada tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten/kota. Sehingga peserta yang mengikuti Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional telah melalui seleksi prestasi dan benar- benar merupakan siswa terbaik di tingkat provinsi. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan hasil Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional merupakan bibit-bibit yang bisa diorbitkan pada kompetisi robot tingkat nasional maupun internasional yang berasal dari madrasah.

Guna pencapaian target yang telah ditetapkan, disusunlah buku panduan pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2022. Melalui buku panduan ini diharapkan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan Kompetisi Robotik Madrasah dapat menggunakan buku panduan ini, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Untuk mengunduh Panduan Pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah (Madrasah Robotics Competition) MRC Tahun 2022, silahkan klik DISINI

LihatTutupKomentar

Iklan