Menu Baru Di AFE (Aplikasi Feeder EMIS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020-2021

Menu Baru Di AFE (Aplikasi Feeder EMIS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020-2021
Menu Baru Di AFE (Aplikasi Feeder EMIS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020-2021 - Aplikasi Feeder EMIS (AFE) adalah aplikasi berbasis komputer lokal yang dapat melakukan sinkronisasi dengan Server EMIS di Pusat.Tujuannya adalah mempermudah akses lembaga dalam pendataan EMIS. Karena model pendataan ini dilakukan melalui mekanisme pendataan secara offline dan online.

Menu Baru AFE :
  1. Data Siswa Lulus
  2. Data Siswa Non Aktif
Keterangan :
  • Data Siswa Lulus adalah Data Siswa Kelas Akhir semester sebelumnya yang otomatis diluluskan. Jika tidak lulus/mengulang/DO pilih action.  
  • Data Siswa nonaktif adalah Data Siswa yang dinonaktifkan karena Hapus Data Duplikat,DO, Non Aktif Pada Menu ini Siswa yang dinonaktifkan bisa diaktifkan kembali.
Kolom Penting di Menu Siswa Aktif :
  1. Mandatory
  2. Edit Data
  3. Aksi Penonaktifan Data Siswa
Catatan Penting :
  1. Sinkronisasi baru dapat dilakukan setelah melengkapi Data Mandatory pada Data Siswa dan Sarpras. Sampai tertulis Execute
  2. Fungsi Non Aktif Data yang sebelumnya di FM sekarang dilakukan di AFE
  3. Pastikan Data di AFE diisi secara lengkap dan benar
  4. Jangan melakukan Matching Data kecuali Data di FM sudah benar-benar lengkap dan Valid, dan jika ada update data mutasi atau data baru. Karena Matching Data akan menghapus data di AFE dan mengganti data dari FM.
10 LANGKAH Pendataan EMIS AFE :
  1. Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) dari link resmi EMIS (http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=aplikasi)   
  2. Ekstrakdan Jalankan File Aplikasi emis.exe di KomputerLokal
  3. Login Pertama (Login dan Get Data) harus Online. Biasanya ada tulisan Please wait... perlu diclose dan open aplikasi
  4. Ambil Data Lampau (Siswa, GTK dan Sarpras) pada menu Data Lampau
  5. Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline. Ada beberapa isian yang dikunci, yaitu NISN, Nama, NIK bagi Siswa, sedangkan Guru adalah NUPTK, NIK dan Nama Guru, kecuali jika dalam keadaan kosong, Pastikansarpras diisi lengkap (Tanah, sumber listrik, ruangan, sanitasi). Jika saat update form seperti terkunci, klik luar window balik ke dalam window aplikasi
  6. Sinkronisasi Data seluruh data pokok(Lembaga, Siswa, Guru dan Sarpras), Biasanya yang paling lama saat ini adalah proses sinkronisasi Siswa.
  7. Cek Data hasil sinkronisasi di Feeder Monitoring (FM)
  8. Di FM dapat melakukan Pemutakhiran Data (Hapus, Non Aktif, DO, Mutasi, Menambah Siswa, GTK dan Sarpras) sampai dengan Cetak BAP. Sebelum Cetak BAP, Pastikan data sudah benar dan valid, selanjutnya memilih menu Konfirmasi Data (Menu Cetak dan Upload BAP akan aktif jika Konfirmasi Data sudah dilakukan.)
  9. Cetak dan Upload BAP. Cetak untuk ditanda tangani Kepala Madrasah dan Upload BAP yang sudah ditanda tangani
  10. Lakukan export semua data dan matching data lengkap (Emisfeeder.rar) sebagai backup Komputer lokal sewaktu-waktu diperlukan.  
Untuk FM(Feeder Monitoring) saat ini belum bisa difungsikan karena masih tahap review tim emis pusat, sehingga jika singkronisasi saat ini masih belum bisa. Data di FM pada tahap riview ini akan dibersihkan.

Demikian keterangan singkat Menu Baru Di AFE (Aplikasi Feeder EMIS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020-2021, semoga pendataan emis sekarang lebih baik dan lebih lancar.