Butir Kekhususan IASP Uji Coba 2020

Butir Kekhususan IASP Uji Coba 2020
Butir Kekhususan IASP Uji Coba 2020
Butir Kekhususan IASP Uji Coba 2020 - Sebagai sebuah instrumen kebijakan publik, sistem akreditasi (perangkat dan manajemen akreditasi) bertujuan :

  1. Memberikan sinyal kepada publik tentang kualitas sekolah/madrasah, kelayakan sekolah/madrasah memberikan proses pembelajaran yang baik, dan ekspektasi orang tua dan masyarakat akan lulusan dari sekolah/madrasah yang bersangkutan.
  2. Memberikan masukan kepada pengambil kebijakan : Pemerintah, pemerintah daerah, dan yayasan pengelola pendidikan yang menaungi sekolah/madrasah bersangkutan, tentang kondisi pendidikan secara umum serta kondisi di setiap sekolah/madrasah, sebagai dasar perencanaan tindakan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi pendidikan secara umum dan/atau sekolah/madrasah secara khusus.
  3. Memberikan informasi dan masukan umpan balik kepada kepala sekolah/madrasah sebagai dasar penyusunan rencana perbaikan dan peningkatan kondisi sekolah/madrasah secara komprehensif.

Karena kebutuhan-kebutuhan untuk melayani berbagai kepentingan tersebut, maka sebuah instrumen kebijakan, quality assurance, sistem dan instrumen akreditasi sekolah/madrasah harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  • Differentiating atau discriminating, artinya dapat mengukur dan membedakan antara sekolah/madrasah yang bagus dari yang kurang bagus, mampu membedakan sinyal-sinyal potensi pembelajaran yang bagus dan yang kurang bagus. Dengan demikian, pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam instrumen akreditasi mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi pada kualitas pembelajaran.
  • Layak implementasi atau implementable dalam batasan sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia, sumber daya finansial, dan sumber daya waktu.
  • Informasi hasil akreditasi dapat dipahami oleh masyarakat awam termasuk para orang tua murid maupun pengambil keputusan dan profesional sebagai umpan balik pengelolaan penyelenggaraan dan mutu pendidikan.

Baca juga : Naskah IASP 2020

Untuk download Butir Kekhususan IASP Uji Coba 2020, klik DISINI