Juknis Dan Prosedur Operasional Standar KSMO Jatim Tahun 2020

Juknis Dan Prosedur Operasional Standar KSMO Jatim Tahun 2020
Juknis Dan Prosedur Operasional Standar KSMO Jatim Tahun 2020

Juknis Dan Prosedur Operasional Standar KSMO Jatim Tahun 2020 - Kompetisi Sains, Agama, dan Bahasa merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama Jawa Timur sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains, agama dan bahasa di kalangan siswa madrasah. Berdasarkan dasar pemikiran di atas, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pendidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur Tahun 2020.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 tidak hanya melanda Indonesia, melainkan juga hampir seluruh wilayah di dunia. Hal ini mengakibatkan berbagai sektor kehidupan mengalami kendala, akan tetapi dalam kondisi apapun, negara harus menjamin keselamatan, kesehatan dan pendidikan seluruh warga negara. Selama masa darurat Covid-19 kegiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara normal, siswa belajar dari rumah melalui sistem belajar jarak jauh (BJJ). Hal ini sebagaimana dituangkan dalam SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Selama masa pandemi Covid-19, siswa tetap harus difasilitasi untuk tetap melaksanakan aktifitas belajar, berkompetisi dan berprestasi dengan tetap memperhatikan dan menaati protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, oleh karena itu kegiatan Kompetisi Sains Madrasah tahun 2020 dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah Provinsi Jawa Timur melalui sistem Online tahun 2020.

Struktur Organisasi Kompetisi Sains Madrasah Online Jawa Timur Tahun 2020 terdiri dari Panitia Kompetisi Sains Madrasah Satuan Pendidikan, Panitia Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten/Kota dan Panitia Kompetisi Sains Madrasah Provinsi Jawa Timur.

Panitia KSM Satuan Pendidikan meliputi Unsur Panitia yaitu Kepala Madrasah dan guru mata pelajaran.

Tugas dan tanggungjawab ialah :

  1. Merencanakan dan menyeleksi peserta lomba tingkat madrasah;
  2. Mensosialisasikan penyelenggaraan lomba;
  3. Mendaftarkan nama-nama peserta yang berminat mengikuti kegiatan seleksi tersebut;
  4. Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Satuan Pendidikan menjadi kewenangan satuan pendidikan yang bersangkutan;
  5. Mendaftarkan peserta perwakilan madrasah ke panitia Kompetisi Sains Madrasah Provinsi melalui web : ksmo-jatim.usmart.id

Untuk mendownload Juknis Dan Prosedur Operasional Standar KSMO Jatim Tahun 2020 bisa langsung klik DISINI