Pemetaan Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Pemetaan Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Pemetaan Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) - Penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan dalam rangka pengambilan keputusan. Dengan demikian, dalam setiap kegiatan penilaian, ujungnya adalah pengambilan keputusan. Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah tidak hanya berkisar pada aspek karakter individu melainkan juga pada hal-hal yang menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapainya seperti kualitas, kuantitas hasil kerja, ketepatan waktu kerja, dan sebagainya.

Apa yang terjadi dan dikerjakan kepala sekolah merupakan sebuah proses pengolahan input menjadi output tertentu. Atas dasar itu, terdapat tiga komponen penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah, yakni:
  1. Penilaian input, yaitu kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam melakukan pekerjaannya. Orientasi penilaian input difokuskan pada karakteristik individu sebagai objek penilaian dalam hal ini adalah komitmen kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Komitmen tersebut merupakan refleksi dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial kepala sekolah.
  2. Penilaian proses, yaitu penilaian terhadap prosedur pelaksanaan pekerjaan. Orientasi pada penilaian proses difokuskan kepada perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan tanggung jawabnya, yakni melaksanakan fungsi manajerial dan fungsi supervisi pada sekolah yang dipimpinnya.
  3. Penilaian output, yaitu penilaian terhadap hasil kerja yang dicapai dari pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya. Orientasi pada output dilihat dari perubahan kinerja sekolah terutama kinerja guru dan staf sekolah lain yang dipimpinnya.
Pedoman pelaksanaan penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah ini disusun untuk :
  • Memperluas pemahaman semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur pelaksanaan penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah.
  • Sebagai suatu sistem penilaian kinerja yang berbasis bukti (evidence‐based appraisal).
  • Sebagai landasan melakukan penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dalam melaksanakan tugasnya.
  • Sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan tingkat kabupaten kota.
Pedoman Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah bertujuan untuk :
  • Memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya.
  • Memperoleh data hasil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin sekolah.
  • Menentukan kualitas kerja kepala sekolah sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan yang diberikan kepadanya.
  • Menentukan program peningkatan kemampuan profesional kepala sekolah dalam konteks peningkatan mutu pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya.
  • Menentukan program umpan balik bagi peningkatan dan pengembangan diri dan karyanya dalam konteks pengembangan karir dan profesinya.
  • Penilaian kinerja akan bermanfaat bagi kepala dinas pendidikan dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi, dan pembinaan lebih lanjut.
  • Bagi pengawas sekolah, hasil penilaian kinerja kepala sekolah dapat dijadikan dasar dalam menyusun program pengawasan, khususnya dalam membina kemampuan profesional kepala sekolah/madrasah.
Pedoman penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
  1. Dinas Pendidikan Provinsi atau Kabupaten/Kota dalam melakukan penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah sebagai dasar untuk menghimpun informasi profil kinerja kepala sekolah/madrasah
  2. Pemangku kebijakan dalam penyediaan data kebutuhan peningkatan kompetensi kepala sekolah melalui program pendidikan dan latihan serta pengembangan profesi berbasis data evaluasi hasil kinerja.
Untuk mendownload file Pemetaan Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), silahkan klik DISINI