Pelaksanaan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Nasional 2020

Pelaksanaan KSM (Komptesi Sains Madrasah) Nasional 2020

Pelaksanaan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Nasional 2020 - Dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan madrasah terutama dalam bidang sains, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Latar belakang KSM :
  • Derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mulai menimbulkan rasa kawatir di kalangan masyarakat. Terutama ekses negatif yang muncul dan tidak bisa dinafikkan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar bisa menjawab tantangan tersebut.
  • Dalam kondisi apapun, Negara harus menjamin keselamatan, kesehatan dan pendidikan seluruh warga negaranya. Selama masa darurat Covid-19 kegiatan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara normal, siswa belajar dari rumah melalui sistem belajar jarak jauh (BJJ).
  • Selama masa pandemi covid-19 siswa tetap harus difasilitasi untuk melaksanakan aktifitas belajar, berkompetisi dan berprestasi dengan tetap memperhatikan dan mentaati protokol Kesehatan dalam pencegahan penyebaran covid maka kegiatan KSM tahun 2020 tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tahun 2020.
Tujuan KSM :
  • Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah.
  • Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama.
  • Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa Madrasah.
  • Memberikan kesempatan  yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.
Pendaftaran KSM dibuka 25 September hingga 23 Oktober 2020 dengan mengakses laman http://ksm.kemenag.go.id.

Tahap ujicoba KSM online Nasional 2020 akan dilangsungkan pada 2 - 3 November 2020 dari rumah masing-masing peserta.

“KSM online Nasional 2020 akan digelar pada 9 - 10 November 2020. Peserta bisa mengikutinya dari  rumah masing-masing,”

“Pemenang KSM online Nasional 2020 akan diumumkan pada 19 November 2020 melalui laman http://ksm.kemenag.go.id,

Demikian informasi tentang Pelaksanaan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Nasional 2020, terimakasih dan semoga bermanfaat.