Panduan Pengisian Data EMIS

Panduan Pengisian Data EMIS

Panduan Pengisian Data EMIS :
  • Sumber data/Madrasah dapat memilih jenis Aplikasi sesuai dengan kondisi ketersediaan sumber daya yang dimiliki dan preferensinya.
  • Madrasah yang memilih melakukan pendataan melalui APLIKASI EMIS ONLINE dapat langsung melakukan pengisian dan pelengkapan data hingga ke tahap akhir (Berita Acara).
  • Madrasah yang memilih melakukan pendataan melalui APLIKASI FEEDER EMIS (AFE) dapat melakukan pengisian dan pelengkapan data hingga tahap akhir (Berita Acara).
  • Data akhir dari AFE akan dialirkan secara utuh ke APLIKASI EMIS ONLINE untuk diolah dan dimanfaatkan seluas-luasnya.
Pendataan EMIS :
  1. Saat login pertama kali akan ada layar yang meminta Madrasah untuk melakukan konfirmasi penggunaan aplikasi pendataan.
  2. Setelah dilakukan pemilihan, dan penyimpanan data, otomatis aplikasi akan mengarahkan Madrasah ke dalam aplikasi pendataan online atau ke halaman depan (jika memilih EMIS Feeder).
  3. Apabila tidak dijumpai layer pilihan, kemungkinan pemilihan aplikasi oleh pengguna sudah dilakukan oleh sistem.
Setelah melakukan pengisian dan pelengkapan data, sebagai hasil akhir Madrasah wajib melakukan “Konfirmasi”. Tujuan dari konfirmasi ini adalah sebagai Pakta Integritas bahwa data yang disampaikan sudah “BENAR” dan “VALID”. Urutan Konfirmasi (pertama yang harus di konfirmasi data kelembagaan, berikutnya bebas) :
  1. Konfirmasi Data Kelembagaan
  2. Konfirmasi Data Sarana dan Prasarana
  3. Konfirmasi Data PTK/GTK
  4. Konfirmasi Data Siswa
Setelah melakukan “Konfirmasi”, Madrasah dapat mengunduh “Berita Acara” dan “Lembar Lampiran”. Lembar Berita Acara dijadikan sebagai bukti telah melakukan updating data semester berjalan. Sedangkan Lembar Lampiran digunakan sebagai dokumen untuk mendukung program-program yang diselenggarakan oleh Direktorat terkait. Lembar Berita Acara dapat diunduh setelah seluruh bagian data konfirmasi dilakukan.

Untuk mengunduh file Panduan Pengisian Data EMIS, silahkan klik DISINI