Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021

Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021
Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021

Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Pandemi Covid-19 tidak hanya melanda Indonesia, melainkan juga hampir seluruh wilayah di dunia. Hal ini mengakibatkan berbagai sektor kehidupan mengalami kendala. Namun, dalam kondisi apapun, negara harus tetap hadir guna menjamin keselamatan, kesehatan dan pendidikan seluruh warga negara

Dengan demikian, pada masa pandemi Covid-19 ini, siswa tetap harus difasilitasi agar senantiasa dilaksanakan aktifitas berkompetisi dan berprestasi dengan tetap menaati protokol kesehatan. Oleh sebab itu, kegiatan KSM tahun 2021 tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 secara daring untuk tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Sedangkan untuk KSM Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring di setiap kanwil atau tempat yang ditunjuk oleh kanwil Provinsi. Dalam KSM tahun 2021 ini, soal juga akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

Secara khusus tujuan KSM Tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains;
  2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama;
  3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah;
  4. Memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa dan menjadi penyejuk di tengah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia.

Hasil Yang Diharapkan :

  • Berkembangnya bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains;
  • Siswa madrasah memiliki motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai- nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya;
  • Berkembangnya budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah;
  • Terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat internasional;
  • Menghasilkan siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan :

  1. KSM Satuan Pendidikan : 21 – 30 Juni 2021 (Ditetapkan madrasah/sekolah masing-masing)
  2. Pendaftaran KSM Kabupaten/Kota : 5 – 26 Juli 2021 (Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan)
  3. Uji coba KSM Kabupaten/Kota : 14 – 16 Agustus 2021 (Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan)
  4. KSM Kabupaten/Kota : 21 – 23 Agustus 2021 (Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan)
  5. Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/Kota : 28 Agustus 2021 (http://ksm.kemenag.go.id)
  6. KSM Provinsi : 18 – 20 September 2021 (Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan)
  7. Pengumuman Pemenang KSM Provinsi : 25 September 2021 (http://ksm.kemenag.go.id)
  8. Technical Meeting Persiapan KSM Nasional : 9 Oktober 2021 (Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan)
  9. KSM Nasional Berbasis Komputer : 23 Oktober 2021 (Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing (Madrasah, kanwil, atau tempat yang telah ditentukan oleh kanwil)
  10. KSM Nasional eksplorasi/eksperimen : 24 Oktober 2021 (Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing (Madrasah, kanwil, atau tempat yang telah ditentukan oleh kanwil)
  11. Pengumuman Pemenang KSM Nasional : 30 Oktober 2021 (http://ksm.kemenag.go.id)

Untuk lebih jelasnya silahkan download Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021, DISINI